Ni Hao – Budget Taipei Travel Guide (4 – End)

Hi guys! This time, I want to share about my fourth and last day activities when I traveling around Taipei, Taiwan. And as usual, I will be sharing some tips and info on how you can go there with very limited budget. I will share my story in several parts in each part I will try to inform you the route, how to get there and last one is the daily budget. So, here we go!

KakaoTalk_2017-08-30-21-57-34_Photo_46

Before going further, silahkan baca artikel sebelumnya mulai dari persiapan dan hari pertama, hari kedua dan hari ketiga.

Day 4

Perjalanan di hari keempat ini menurut gue yang paling menantang. Kenapa gitu? Karena dilakukan pas hari kerja yakni hari Senin plus targetnya malah keliling ke bagian pantai utara wilayah Taiwan. Ada pergolakan batin sebelum mulai perjalanan, terutama soal waktu tempuh dari Qiyan menuju Yeliu Geopark pakai bis. Akhirnya karena gak mau rugi dan didukung oleh semangat 45, akhirnya gue putuskan untuk berangkat.

Tamsui MRT area

Tempat pertama yang gue kunjungin ini adalah tempat terjauh dari Qiyan. Sebelum berangkat, gue crosscheck dari mbah gugel dan lainnya, ternyata dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan bis menuju lokasi. Itupun belum dihitung dengan waktu perjalanan ke MRT Station Tamsui lho.

Tamsui MRT Station

Ada sedikit kerumitan buat menuju lokasi bus diantaranya sebagai berikut:

1. Untuk menuju Tamsui, ternyata gak semua MRT di red line itu berakhir disana. Ada beberapa kereta yang hanya sampai Beitou trus balik lagi. Jadi sebelum naik, pastikan aja tujuan akhir keretanya itu menuju Tamsui. Dan sedihnya lagi nih, yang tujuan Tamsui itu gak sebanyak yang ke Beitou gaes.
  2. Sesampainya di Station Tamsui, untuk nemuin bis yang menuju Yeliu Geopark juga agak tricky sih. Kalau kalian baca dari mbah gugel, yang terbaik adalah dengan naik bis Northern Coastal Shuttle Bus dari Tamsui dengan harga tiket NTD 200 dengan rentang waktu kedatangan tiap bus itu sekitar 1~1,5jam sekali.
  3. TAPI, ternyata ada bus lain juga yang lebih sering dateng dan lebih murah meski waktu tempuhnya agak lamaan sedikit yakni bus nomor 862 dengan biaya sekitar NTD 95.
  4. Demi penghematan, gue pun langsung milih bus 862 sambil tetep memperhatikan GoogleMaps dan Trafi app buat jaga-jaga supaya gak kelewatan turunya hahaha.

Untuk detailnya bisa liat dari beberapa gambar dan Vlog di bawah (Vlog nyusul yak.. ngeditnya berat bray 😜).

Northern Coastal Line

Sebelum sukses sampe di Yeliu Geopark, dengan naik bus 862 sebenernya kita bakalan ngelewatin banyak banget spot pinggir pantai yang instagramable lho! Cara mudahnya mengetahui spotnya apa aja, tinggal buka Google Maps aja sih, tapi beberapa spot yang menarik itu seperti Shimen Stone Arch, Coffee Shop pinggir pantai dan Jinshan temple.

Berhubung gue males turun karena cuaca yang super panas, akhirnya gue mutusin untuk ambil photo dari dalem bis aja hihihi. Dan personally, gue juga gak nyangka, meski diambil dari dalam bis, hasil photonya tetep bisa bagus lho karna emang didukung dengan kondisi alam Taipei yang asri banget!

Shelter bus di pantai utara Taiwan
Shimen Wedding Plaza
Shimen Arch Stone
Entahlah apa nama patung ini 😌

Yeliu Geopark

Nah, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam, akhirnya gue berhasil sampe di halte Yeliu. Jangan kaget ya, di halte Yeliu itu gak ada shelter besar macam halte bus di Jakarta. Disana cuman ada dua tiang yang masing-masing tiang itu berisikan informasi tentang nomor bus yang lewat daerah situ. Jadi gue saranin kalian untuk tetap pantau Trafi app dan Google Maps agar gak kelewatan plus jangan malu bertanya ke driver bus whether you are already arrived in Yeliu atau belum.

Dari halte pun, kita tetap harus berjalan kaki sekitar 600 meter untuk bisa ke dalam area Yeliu Geopark. Selama perjalan 600 meter itu, kalian udah bisa mencium aroma laut dan juga ada toko 85C yang jual bubble tea endol gitu, jadi gak bosen hihihi.

KakaoTalk_2017-09-07-15-18-05_Photo_7
Dermaga di Yeliu
Kuil yang ada di Yeliu
Pagoda di Yeliu area

Setelah sampai di Yeliu Geopark, untuk masuk ke dalam itu harga tiketnya juga murah kok cuman NTD 80 untuk adult dan bisa stay selama yang kalian mau. Antrian tiketnya sih pas gue kesana gak terlalu panjang, karena sistem antriannya juga dibedain antara tour dengan perorangan lho.

Yeliu Geopark Entrance Gate

TIPS: Sediakan minuman botol (akua, pocari atau lainnya) sebelum kalian masuk ke dalam. Karena dijamin bakalan haus selama disana dan kalau beli minuman di dalam area Yeliu itu rada mahal dan jauh-jauh gitu.

Kalau sudah masuk, gue juga saranin untuk minta peta batu batu yang ada di dalam Yeliu ya karena situsnya super gede dengan garis lurus sekitar 2 kilometer gitu. Untuk lebih gampangnya lagi sih, boleh lho ngikutin tips gue yakni dimulai dari yang paling jauh dulu, alias wilayah bagian 3, yang ditandai dengan batuan berbentuk burung, trus puter balik ke wilayah bagian 2 (yang ada Queen Rock) dan berakhir di wilayah bagian 1 (yang ada Candle rock). Berikut foto jepretan gue selama gue main di Yeliu Geopark!

Kocak yaaa patungnyaaa
Kepala Naga
Es Krim
Batu yang menyerupai burung

Oiya, mengingat hampir semua bebatuan yang ada di Yeliu Geopark ini adalah batuan alami, gue mohon dengan sangat untuk bisa behave pas mau foto yak. Simple aja kok mulai dengan tidak menyentuh bebatuan itu sendiri atau jangan sampe didudukin atau diinjak itu batunya. Jujur ya, gue gerah banget liat kelakuan orang lain yang dengan seenaknya foto di bebatuan itu sambil pegang-pegang atau yang terparahnya itu sampe nginjek batunya. Well, balik lagi ke orangnya sih, tapi klo gak dimulai dari diri sendiri, gimana bisa melestarikan alam? *pasang muka polos*

Berapa lama waktu yang gue habiskan di daerah Yeliu? Kalo gak salah sih sekitar 3 jam. Karena gue penasaran banget mau liat bentuk asli dari bebatuan tersebut dan selain itu gue juga kudu nyemil juga biar ada energi untuk perjalanan balik dari Yeliu Geopark ke Tamsui selama 2 jam. Oiya, di toko 85C itu ada cake Hello Kitty yang boleh dicobain lho. Unyuk gaes kuenya *penting gak penting sih ini*

Hello Kitty Cake

Tamsui Fisherman Warf

Setelah kurleb 2 jam di bus dari Yeliu ke Tamsui, gue bertekad lanjut lagi ke tujuan terakhir disana yaitu Tamsui Fisherman Warf. Untuk menuju kesana gampil banget kok, tinggal naik bus R26 Shuttle dari Tamsui Bus Station lalu turun di pemberhentian terakhir dan tarif bus nya cuman NTD 15 aja.

Ada apa sih di Tamsui Fisherman Warf? Mmmm.. kalau kalian tau Pantai Marina Ancol di Jakarta, kurang lebih kondisinya mirip kaya gitu deh hihiihi. Ada observatory deck buat liat pemandangan disekitar pantai plus bisa liat kapal layar dari dermaganya. Untuk masuk kesini gak perlu bayar apapun kok.

Tamsui Fisherman’s Wharf
Hotel di Fisherman’s Wharf

Selain dermaga, ada satu tempat lagi yang perlu buat didatengin, yaitu Love Bridge. Jembatan ini bentuknya rapih gitu dan kalau kalian naik jembatan ini dari Fish Market, bakalan ada tulisan “Love Bridge” gitu di depan jembatan. Selain itu, banyak juga noh couple couple yang foto prewed di depan jembatan, apalagi pas sore, jadi rada romantis gitu aromanyaa. Tapi berhubung gue kesini sendirian, apalah artinya Love Bridge . . . . *eh curhat*

Love Bridge di belakang gue
Tuh kan ada couple yang foto di depan Love Bridge…..
Love Bridge dari dalam. Tetep ada couple nyoh..

Yaudah gak usah galau sih, abis kelar foto itu jembatan gue langsung iseng makan Subway dulu di dalam Fish Market nya trus lanjut balik lagi ke Tamsui Station naik bis R26. Dari Tamsui, gue iseng buat lanjut ke Taipei North Gate yang ada di deket Beimen MRT Station.

Taipei Beimen North Gate

This is the very last tourist attraction yang gue kunjungin di Taipei. Lokasinya deket sama Beimen MRT Station dan Taipei Main Station. Dan mungkin karna udah capek, gue malah turun di Zhongshan Station instead of lanjut pindah ke Green Line untuk sampe ke Beimen Station hahaha. Tapi don’t worry, meski begitu, gue lanjut aja jalan kaki dari Zhongshan ke Beimen sekitar 10 menit aja gaes. Tetep semangat dan seru juga karna bersih trotoarnya hihih.

Sebenernya, di deket North Gate ini ada juga gedung yang menarik untuk difoto lho, nama gedungnya: 臺博館鐵道部展示館 alias Museum Pameran Kementerian Perindustrian Taiwan. Tinggal nyeberang aja udah sampe hihihi. Berhubung gue sampe di North Gate udah agak malem, jadi gak bisa kesitu deh. Berikut foto di North Gate:

KakaoTalk_2017-09-07-15-18-10_Photo_8
North Gate (kiri) dan Museum Pariwisata (kanan)
Taipei North Gate
Museum Pariwisata dari kejauhan

Udah kelar dari North Gate gue putuskan untuk menghabiskan sisa malem terakhir di Ximending dan cuman sanggup sampe jam 7 malem doang karena inget kalo gue belom packing dan besok harus berangkat dari Qiyan ke Taoyuan itu jam 6 pagi hahaha. But lucky me, pas lagi jalan kaki ke Ximending, gue sempet liat street show gitu (meski cuman 30 detik) dan happy juga gue meski sebentar hahaha.

Day 5

Well, karena gue dapet tiket pulangnya itu penerbangan pagi dan jam boardingnya jam 9, di hari terakhir ini gue gak sempet kemana-mana selain kelilingan di Taoyuan Airport. Sedikit note aja sih buat kalian yang punya penerbangan pagi dan mungkin nginep di lokasi yang cukup jauh dari Taipei Main Station, kereta di Taipei itu baru mulai ada sekitar jam 5:55 pagi jadi kalau kalian mau ke TPE naik kereta, kudu standby di stasiun sebelum jam segitu yap.

Another pain point pas kemarin gue di Taoyuan itu adalah antrian buat masuk ke bagian imigrasinya itu panjang euy. Biar lebih cepet dan gak nyusahin orang di belakang kalian, gue saranin jangan pake gesper, jam tangan, lepas jaket dan siap siap keluarin laptop dari tas (kalo kalian bawa) aja ya.

Kelar dari imigrasi, waktunya untuk explore Taoyuan meski cuman 30 menit dan kalian bakalan ngerasain hal yang beda disana. Tiap tiap outlet yang ada itu punya tema sendiri lho gaes plus ada beberapa gate yang pintu masuknya punya tema seru seperti Hello Kitty, Taiwan Music dan Taiwan Heritage gitu. Tapi karna gue rada buru-buru jadi maaf yap gak sempet di fotoin bentuknya huhuhu.

Hello Kitty Outlet di TPE
Outlet Sony di TPE. Lagi ada Spider-Man nyaa!

Last, gak ada yang seru dan paling ditunggu selain itinerary dan kisaran budget. Berikut gue lampirkan detail itinerary di hari terakhir ini.

Screen Shot 2017-09-07 at 3.03.40 PM
Itinerary dan cost hari terakhir

Sekian aja jalan jalan hemat gue kali ini selama efektif 3 hari dari total 5 hari 4 malam di Taipei. Jika ada pertanyaan, sok tinggalin di komentar aja, nanti sebisa mungkin gue bales atau kalo ngga bisa tanya dan follow gue di akun Instagram atau Path 😌😎

*BONUS – Vlog Day 3*

See you on next trip di Kuala Lumpur bulan November ya gaes!

Advertisements

3 thoughts on “Ni Hao – Budget Taipei Travel Guide (4 – End)