Ni Hao – Budget Taipei Travel Guide (3)

Hi guys! This time, I want to share about my third day activities when I traveling around Taipei, Taiwan. And as usual, I will be sharing some tips and info on how you can go there with very limited budget. I will share my story in several parts in each part I will try to inform you the route, how to get there and last one is the daily budget. So, here we go!

KakaoTalk_2017-08-30-21-57-34_Photo_46

Untuk persiapan bisa cek disini dan untuk trip hari ke dua, bisa lihat disini.

Day 3

Taipei Zoo & Maokong Gondola

Hari Minggu ku turut ayah ke kota. Naik delman istimewa ku duduk di muka. Yaa gak nyambung juga sih, tapi intinya di hari Minggu ini gue berencana untuk ke pinggiran Taipei dan keliling Taipei Zoo. Sempet juga ditanyain sama temen-temen, “ngapain juga ke Taipei Zoo?” dan gue dengan sigap menjawab: “Mau liat PANDA ๐Ÿผ๐Ÿผ”. Sejujurnya, pas pertama kali gue ke Ocean Park Hong Kong itu, gue pengen banget liat panda, tapi gak sempet karna itu Ocean Park terlalu luas. Nah setelah baca-baca, ternyata di Taipei Zoo itu ada Panda juga, jadilah dimasukin ke MUST VISIT hehehe.

IMG_7139
Taipei Zoo main entrance

Untuk bisa sampai ke Taipei Zoo, tinggal mengambil MRT rute Brown Line dan Taipei Zoo itu jadi tempat pemberhentian terakhir, so jangan takut nyasar yap. Waktu tempuhnya sendiri dari penginapan gue di daerah Qiyan itu sekitar 1 jam, so I better be hurry at that time. Oiya, di Taipei Zoo ini ada 2 lokasi yang berdekatan yakni Gondola Maokong dan Taipei Zoo itu sendiri.

IMG_5936
Selfie with Lego Panda

Berhubung first timer dan gak ada tanya kanan kiri, gue langsung milih untuk masuk ke Taipei Zoo terlebih dahulu. Tiket untuk dewasa itu seharga NTD 60 dan bisa bayar pake EasyCard jadi lebih gak ribet lho. Pas masuk, langsung ada panggung dan kalian bisa ambil map gratis dari Visitor Lounge (lupa nama detailnya). Setelah menyaksikan dengan seksama, gw dengan sotoynya langsung tuh naik odong odong dengan biaya NTD 5 one way dan ternyata gak penting karna odong odongnya lebih berguna buat family yang mau cepet sampe ke atas liat Penguin. Buat kalian yang lebih suka jalan kaki dan berhemat, mending lewatin aja deh hihihi.

KakaoTalk_2017-09-05-10-45-47_Photo_50
Flamingo Park

Di dalam Taipei Zoo ini lebih rapih lho dari pada Ragunan di Jakarta, karna setiap lokasi itu dibedain dengan rapih plus bersih. Iya, BERSIH! Untuk hewannya sendiri lebih gemuk menurut gue meski pas gue liatin banyak dari mereka yang masih goler-goleran sambil tidur ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ. Oiya, jarak dari pintu masuk sampai ke atas itu kurang lebih sekitar 2KM kalo ditarik garis lurus dan gak melipir lihat hewan di masing-masing wilayah gitu. Jadi sebenernya gak terlalu jauh lho klo mau jalan kaki.

KakaoTalk_2017-09-05-10-45-49_Photo_4
Koala House
KakaoTalk_2017-09-05-10-45-50_Photo_37
Can you see the bear?

Nah, sesampainya dibagian atas, gue langsung aja berjalan ke arah Bird Park yang menjadi base camp untuk pengunjung yang mau lanjut naik Gondola. Biaya shuttle bus ke Stasiun Gondola South Entrance Taipei Zoo itu sama kaya odong-odong, NTD 5 aja one way. Dan sesampainya di Stasiun Gondola, kita tinggal bayar aja pake EasyCard macam naik MRT gitu, tarifnya klo sampai ke Maokong Station (stasiun yang paling atas) itu 100 NTD per orang dan seinget gue, kita gak bisa milih naik gondola yang crystal cabin atau yang normal karena pas itu lagi penuh.

IMG_7170
Maokong Gondola Station

Selama perjalanan naik gondola, kalian sebenernya bisa juga turun di Zhinan Temple Station untuk mampir sejenak ke Zhinan Temple yang keren karna berada di tebing gunung. Tapi karna gue males dan cuaca juga panas banget bray, akhirnya gue milih untuk stay di kereta dan turun di Maokong Station.

IMG_7168
Penampakan Zhinan Temple

Ada apa sih di Maokong Station? Jujur awalnya pun gue buta ada apa disana, dan pas udah sampe, gue baru sadar ternyata disana itu macam Perkebunan Teh! Yes banyak banget pohon teh dan kalian bisa juga beli teh asli Maokong gitu trus bikin bubble tea sendiri, YAKELES! Hahaha. Intinya di Maokong Station ini kalian bisa makan siang (gue gak berani jamin ke halalan nya yaa. Jadi klo ragu mending jangan beli) plus liat2 kebun teh gitu.

KakaoTalk_2017-09-05-10-50-03_Photo_70
Maokong Area

Gue stay di Maokong Station ini juga gak lama kok, cuma untuk istirahat plus makan siang aja demi melepas dahaga karna cuaca yang super panas. Abis kelar makan, gue langsung menuju stasiun gondola dan to the point tanya ke penjual tiketnya gimana cara naik Gondolo with crystal cabin. Ternyata gak ada perbedaan harga seperti yang gue kira dan yang membedakan itu cuma antriannya aja klo dari Maokong Station. Fortunately, antrian Crystal Cabin pas gw dateng itu lagi super sepi, jadi gue cuman nunggu sekitar 15 menit aja untuk bisa naik gondola (skema perhitungannya itu klo gak salah 8 : 1 alias setelah 8 normal cabin akan datang 1 crystal cabin). Pesaran kaya apa bentukan crystal cabin? Sok dilihat gambar dan videonya berikut:

IMG_2342
Penampakan Crystal Cabin Gondola
IMG_2434 2
City view taken from gondola

Oh, buat kalian yang udah pernah naik crystal cabin gondola di Hong Kong untuk pergi ke Ngong Ping, rasa dan bentuknya gak jauh beda kok. Cuma pemandangannya aja yang beda. Klo di Hong Kong kalian bisa liat laut, di Taipei kalian cuma bisa liat city view dan hutan yang ada di bawahnya. But overall tetep worth kok, apalagi harganya murah banget, cuman 120 NTD untuk crystal cabin dari Maokong Station sampai ke Taipei Zoo main entrance di yang paling bawah. Bandingkan dengan Ngong Ping Crystal Cabin yang harganya HKD 265 untuk 1 normal + 1 crystal cabin trip. ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

TIPS: Karena jarak yang berdekatan, saran gue sih mendingan naik Maokong Gondola dulu aja sampe yang paling atas trus kalao udah puas tinggal turun lagi naik Gondola dan berhenti di Station Taipei Zoo South Entrance. Kalian bisa menghemat sekitar 100an NTD lho!

Routenya jadi kaya gini: MRT Taipei Zoo Station > Naik gondola ke Maokong Station > Turun ke Taipei Zoo South Entrance Gondola Station > Keliling ke Taipei Zoo.

 

Miramar Mall & Miramar Ferris Wheel

Yang ini antara penting gak penting sih hahaha. Berhubung gue tipe city boy yang doyan ngemall, mau gak mau kudu nyobain mall di setiap negara yang gue kunjungin ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Di Taipei sendiri, mostly mall nya itu (sepengetahuan gue yaaa) di occupy sama Sogo dan lebih ke pusat belanja (ya namanya juga mall ๐Ÿ˜Œ). Ada yang berbeda di Miramar Mall ini, yaitu ada Ferris Wheel alias bianglala yang cukup gede lho.

Untuk ke Miramar Mall, dari MRT Taipei Zoo gak perlu pindah jalur karna sama-sama di Brown Line dan cukup turun di MRT Jiannan Road trus udah keliatan itu Miramar Mall plus bianglala nya.

IMG_7206
Miramar Mall dari Jiannan Road MRT Station

Di dalam Miramar itu sebenernya yang paling hits selain Ferris Wheelnya itu adalah IMAX theater, tapi berhubung di Jakarta juga udah ada IMAX yaa ngapain juga nonton hahaha.. Sebelum menuju ferris wheel yang gede itu, gue sempet googling klo di dalem Miramar Mall ini ada CHATIME! IYES CHATIME ๐Ÿ˜. Lokasi Chatime ada di Food Court lantai B1 dan deket pepohonan yang bunder gitu deh. Gue beli Chatime Roasted Milk Tea pake bubble harganya 60 NTD atau sekitar Rp. 30ribu, mirip mirip sama harga di Jakarta sih, tapi bubble nya lebih enak di Taipeiย ๐Ÿ˜œ

IMG_7207
Chatime di Miramar Mall

Sambil minum Chatime, gue lanjutin perjalanan ke lantai 5 buat ngeliat Ferris Wheel yang mahsyur itu. Nah ternyata, lokasi si bianglalanya gak indoor atau half indoor macam mainan di Transmart gitu alias full outdoor lho. Pantesan bisa gede! Pas sampe dan liat langsung bianglalanya gue males buat naik juga sih, beberapa alesan antara lain: capek sama yang tinggi-tinggi (abis dibantai sama gondola), cuaca yang rada panas, PLUS SENDIRIAN JUGA! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.

IMG_0548
Saking gedenya sampe susah buat di foto

TIPS: Kalau kalian minat naik, siapin aja uang 200 NTD untuk dewasa yap. Durasinya klo gak salah sekitar 15 menitan dan saat paling pas buat naik gondola itu sih sama kaya ke Taipei 101, sore menjelang matahari terbenam biar romantis dan bisa liat city light ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ

 

Longshan Temple

Sebelum balik, gue menyempatkan diri juga untuk mampir ke salah satu Buddhist temple terkenal di Taipei. Untuk bisa kesini dari Miramar Mall, cukup naik MRT trus pindah ke Blue Line dan turun di stasiun MRT Longshan Temple.ย Dari stasiun menuju templenya gampang dan gak jauh kok.

Sebenernya kalau mau kesini, paling enak itu pas pagi hari supaya bisa melihat langsung cara beribadah orang setempat dan kalo jago photography bisa dapet gambar bagus yang penuh dengan asap gitu (kata orang orang sih ๐Ÿ˜œ). Berhubung gue kesini sore, jadi lebih banyak turis nya daripada orang yang berdoa. Meskipun begitu, gue merasa mereka tetep dapat beribadah dengan khusyuk sih. Berikut penampakan dari Longshan temple dalam gambar dan video:

IMG_2926
Longshan Temple tampak dari seberang jalan
IMG_8281
Bagian tengah Longshan Temple

Sebenernya, setelah dari Longshan Temple ini, gue masih mau lanjut lagi kelilingan ke daerah Beitou untuk mandi air hangat tapi karna udah jompo akhirnya milih untuk balik ke penginapan. Dan sesampainya di penginapan juga diingetin sama host AirBnB kalau lagi summer gini, gak disaranin untuk ke Beitou karna panas hahaha. Mungkin juga udah takdir ya, pas mau berangkat pun tetep dikasih hujan jadi akhirnya di hari kedua ini malemnya disuruh istirahat.

IMG_7234
Art di tunnel MRT Longshan Temple
IMG_7235
Patung di sekitar tunnel MRT Longshan Temple
IMG_7237
Patung di sekitar tunnel MRT Longshan Temple

Berikut detail kegiatan dan budget yang saya keluarkan untuk hari ketiga ini:

Screen Shot 2017-09-04 at 7.45.16 PM
Budget Day 3

Gak terasa, besok itu hari efektif terakhir di Taipei. Tujuan berikutnya adalah: Pantai Utara Taipei, Yeliu Geopark dan Tamsui area! Sabar dulu yaaa lagi dikerjain detailnya. Dan sambil nunggu, bolehlah di follow akun Instagram dan Path gue ๐Ÿ˜Žย dan kalau mau lihat foto lain, search aja hashtag #khikotaipeitrip baik di IG atau di Path ya.

*Bonus Vlog Day 2*

 

See you soon!

Advertisements

5 thoughts on “Ni Hao – Budget Taipei Travel Guide (3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s