Ultimate Cheap Guide To Explore Bangkok for Songkran Festival! Day 2

Umm.. I should post about this a month ago right after I went to Bangkok to celebrate Songkran. But, gak ada kata terlambat tuk memulai semuanya kan?

Setelah cape cape dan tidur dengan nikmat di hari pertama sampai di Bangkok, kita lanjut ke hari kedua yap.

MORNING ACTIVITIES

Pagi setelah bangun, demi mendapatkan harga murah dan merasakan jadi penduduk lokal, rombongan pada niat ke pasar yang ada di deket hostel. Bentuk pasarnya sendiri macam pasar kaget sih dan makanan yang dijual rata-rata harganya murah bingits mulai dari 5 baht lho! Selain itu, yang menarik dari pasar itu, ada mesjid yang nyempil dan akhirnya gue foto aja hahaha.

img_4454
Masjid di Silom area

Abis cari cemilan, lanjut kita balik ke hostel karena rombongan udah niat banget mau main air dari siang.

img_4450
Muka masih seger belom mandi

SONGKRAN FESTIVAL

Awalnya nih yaaa.. gue yakin bangets klo festival nya mulai dari pagi, eeehh ternyata pas kita udah semangat jalan kaki jam 12an siang waktu setempat (dimana tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Bangkok), sepanjang jalan Silom masih SEPI.. SEPI.. SEPI.. Dan baru sadar, bisa jadi pelaksanaannya dimundurin mengingat tahun ini masih dalam masa berkabung.  Tapi sabodo amat daaah.. dengan semangat 45, rombongan tetep gablek bawa-bawa pistol air sambil ngitung-ngitung bakalan tawaf di area Silom berapa banyak hahaha..

Ada sedikit perbedaan Songkran tahun ini dengan tahun sebelumnya, yakni di depan gedung gedung komersial di Silom itu gak ada panggung lagi. Biasanya rame tuh panggung dengan berbagai kegiatan, macam konser sampe bagi bagi hadiah. Nah tahun ini yang banyak malahan papan peringatan dan himbauan pemerintan tentang apa yang boleh dan apa yang gak boleh dilakukan selama Songkran Festival. Berikut daftarnya:

  1. No Sexy Dress
  2. No High Pressure Water Gun
  3. No Powder (padahal ini adalah salah satu simbol tradisional – I’ll explain it later ya).
  4. No Shooting to Rider (alias jangan nembakin pengendara motor yang lewat)
  5. Save Water!

Alhasil, festival Songkran tahun ini tetep meriah cuman kurang meriah aja sih. Yang main air tetep banyak cuman kurang rame. Dan plus nya itu adalah lebih teratur dari pertama kali gue ikut Songkran 3 tahun lalu.

Spot Spot Seru!

Silom itu sebenernya cuman jalanan biasa aja sih, macam jalan Thamrin gitu kayanya, jadi gak banyak yang instagramable. Tapi klo pas Songkran, menurut gue lebih menarik di Silom daripada di KhaoSan Road. Kenapa gitu, karna klo di KhaoSan itu lebih touristy while di Silom lebih banyak lokal nya sih. Tapi gak tau juga sih klo sekarang gimana, still the same or already changed. Selain itu, selama 3 hari Songkran, sepanjang jalan Silom akan ditutup dan kendaraan gak dibolehin lewat lho. Jadi mulai dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam itu bener bener untuk main air!

Balik ke sub theme di atas, berikut gue kasih tau spot yang menarik buat main air di Silom:

  • Di depan McDonald’s yang ada Watson di sebelahnya. Lokasi ini ada di badan jalan yang ke arah Chong Nongsi. Kenapa seru, karena cukup lowong dan masih bisa buat duduk-duduk klo capek plus tetep bisa nembakin orang-orang yang mau lewat.
img_4515
Maafkan kita numpang selpi di depan McDonald’s
img_4501
Another selpi di depan McDonald’s

Di depan KFC yang ada Subwaynya juga. Ini tempat favorit rombongan kita lho! Karena enak banget buat makan yang halal (alias ayam) dan deket banget sama trotoar. Jadi keluar dari pintu resto udah langsung basah lagi dah.

img_4463
Rombongan di depan KFC

Ada satu spot lagi yang enak, yakni tepat di bawah stasiun BTS Sala Daeng. Menurut gue, di kolong stasiun itu pusatnya orang orang pada maen air deh. Banyak yang nyiram dari atas jembatan dan klo ada yang tereak iseng, jadi bergema gitu. Maap banget nih kagak bisa jepret disitu soalnya sayang klo HP kebasahan hahaha..

Karna emang rencana awal hari ini kita cuma main air doang, jadi kita cuma keluar uang untuk makan siang di KFC dengan budget per orang itu 100 baht (bisa kurang klo menu yang dipilih lebih murah) plus buat refill water gun sekitar 20 baht per orang. Mayan mursida kaaan!

Tips:

Selama Songkran, udah jarang toko toko yang ngasih refill water gun gratis. Rata-rata mereka menjual refill seharga 5 ~ 15 baht tergantung tengki pistol air kalian plus pake air biasa atau air dingin (harga air dingin lebih mahal lho). Nah kalo mau hemat, kalian bisa refill di toilet yang ada di dekat KFC Silom. Tetep harus bayar 10 baht per orang tapi gak dibatasin jumlah water gun yang bisa dibawa masuk lho! Jadi klo misal kalian bawa 6 pistol pun tetep bayar 10 baht dan gratis PIPIS! LOL

Festival Songkran tahun ini berlangsung lebih cepet juga. Biasanya kan makin malem akan makin rame, tapi tahun ini dibatasin sampe jam 8 malam aja gaes. Setelah jam 8 akan dateng tuh truk truk untuk membantu membersihkan aspal dan sekitar jam 9 malam, jalan Silom kembali di buka untuk umum/kendaraan meskipun untuk pejalan kaki tetap diperbolehkan main air disepanjang jalan tersebut.

Night Activities!

Happy kan bisa main air? Abis itu kita iseng nih mau nyoba makan malem di pinggir jalan, dengan harapan udah jarang yang main air, bebas dari tembakan yang nyebelin dan bisa ngerasain makanan lokal pinggir jalan.

Ternyata eh ternyata, selama Songkran berlangsung, gak terlalu banyak tukang makanan di pinggir jalan gaes, bahasa singkatnya masih banyak yang tutup. Padahal kita udah jauh jauh dari hostel ke arah Siam hahaha.

But lucky us, setelah temen gue berdoa di Erawan Shrine, akhirnya kita ambil jalan ke deket Central World dan berhasil nemu kios makan ini. Menu utamanya noodle dan tom yam sih, tapi MURSIDA lho! Harga paling mahal itu cuman 50 baht yang isinya daging seafood, sapi dan ibab. Nah karna ueg gak bisa makan pork, akhirnya milih makan seafood noodle seharga 40 baht doang! Tambah minum 10 baht (akua 600ml) jadi totalnya cuman 50 baht! Yaa kita mah gak mikirin rasanya harus ENDOL karna udah menyesuaikan dengan harga, tapi tetep enak kok meski rada pedes hahaha.

img_4582
Penampakan warungnya
img_4584
Penampakan Seafood Noodle

Tips:

Kalo mau lebih murah lagi, kalian bisa milih menu makanan ala temen gue: Thailand Omelette alias Nasi sama Telor dadar doang. Harganya 15 baht dan rasanya super kaya makanan di Indonesia (minus MSG). 

Oiya, selain makan besar, kita juga usil nyemil jagung rebus yang udah diperintilin gitu yang pake susu dan keju seharga 40 baht dan juga pomegranade dan lime juice alias air jeruk nipis seharga 40 baht juga.

Pas udah kenyang, yaa kita balik lagi deh ke hostel. Nah berikut gw jabarin perkiraan budget di hari kedua ini ya:

Screen Shot 2017-05-16 at 1.18.06 PM
Rincian biaya

Nah, perlu diingat itu adalah garis besar haluan biaya yap. Kadang bisa lebih mahal klo misalnya kalian ganjen beli cemilan yang lebih banyak dan atau boros air yang bikin kalian sering refill tengki.

Next: Ultimate Cheap Guide To Explore Bangkok on Songkran! Day 3

Previous: Ultimate Cheap Guide To Explore Bangkok on Songkran! Preparation and Day 1

Advertisements

2 thoughts on “Ultimate Cheap Guide To Explore Bangkok for Songkran Festival! Day 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s