Year-End Animated Movie: Moana vs SING

Hae hae.

Inget kah beberapa waktu lalu di Instagram, gue pernah posting foto keponakan gue yang abis nonton film kartun Moana, plus klo kalian temenan di Path, seminggu kemudian gw posting film SING?

Nah, buat kalian yang belom nonton, ini ada sedikit ulasan dari gue atas kedua filem keluarga tersebut. Plus tambahan saran dari gue tentang mana yang lebih baik buat ditonton bareng keluarga untuk mengisi waktu senggang.

MOANA

Moana, film besutan Disney ini merupakan film kesekian dari Disney yang ceritanya tentang Princess, yes PRINCESS, di wilayah Melanesia yang bertualang untuk mencari seorang demigod dan membantunya mengembalikan batu kehidupan.

Buat kalian yang pernah atau doyan film Disney Princess pasti udah bisa nebak ceritanya sih. Tapi buat gue, film ini jadi mengingatkan gue tentang mpok Elsa dan keluarganya di film FROZEN (2013).

Grafis yang lebih baik (silahkan cek pergerakan rambut Moana), cerita yang enak dikonsumsi oleh semua umur, plus lagu-lagu yang super dan sangat gue harapkan bisa menggantikan kebosanan gue sama Let It Go.

Beberapa hal yang patut disimak dari film Moana (gue ambil dari IMDB dan mengandung SPOILER) adalah sebagai berikut:

  1. Hampir semua pengisi suara ini berasal dari wilayah Melanesia.
  2. Kalau diperhatiin, lagu-lagunya juga mirip sama bentukan lagu yang ada di film Frozen
  3. Musuh besarnya Moana, Te-Ka, nggak berbicara.
  4. Film kedua Disney di tahun 2016. Sebelumnya ada film Zootopia yang nyeritain tentang kehidupan hewan. 

Klo penasaran, sok liat trailernya di bawah ini:

SING

Nah ini filmnya lebih baru dari Moana, sekitar 2 minggu setelah Moana tayang di bioskop kesayangan anda. Secara garis besar, film SING ini sih bercerita tentang “mengejar mimpi” macam kontes Idol gitu. Bedanya, yang nyanyi itu para hewan yang super unik, mulai dari piggies, tikus putih sampe ke gajah India.

Film besutan Illumination yang kedua di tahun 2016, yang pertama itu The Secrets Life of Pets, masih ketara banget sih bedanya dengan film Disney. Tone nya lebih real alias perilaku tokohnya lebih to-the-point, gak yang macam too-good-to-be-true. Kadang ada kata umpatan dan ada juga kisah mellow yang menyentuh.

Uniknya film ini sih ketika gue nonton cuman satu, bikin gue ikutan nyanyiin semua lagu yang ada. Mulai dari lagu Frank Sinatra yang My Way, I’m Still Standing nya Elton John sampe ke macam mpok Tay Tay. Dan surprisingly, gw baru sadar klo mpok Scarlette Johansson juga bisa nyanyik.

Selain lagu lagu yang hits, ada satu hal yang bikin gw ketawa ngakak, yakni kehadiran 5 (yes, LIMA bukan satu) beruang merah cilik. Ini jadi perdebatan sih di beberapa trailer Sing yang gue liat, debatnya penting banget, yakni tentang jenis hewan apakah 5 hewan imut kocak yang cuman bisa bahasa Jepang itu? Some of them say that they are little red bears while the other said that they are little red racoons. I don’t know which one is true. LOL

screen-shot-2016-12-20-at-11-10-34-pm
Uber CUTE aren’t they?!
Nah, tapi tapi tapi.. yah kurangnya cuman satu sih dari film ini. Kalau nonton bareng bocah tampaknya emang perlu bimbingan orang tua sih. Kenapa gitu, cek informasi di paragraf atas ya, simply karna ada adegan yang cukup remaja aja sih menurut gw.

Udah penasaran kayak apaan sih film SING itu? Berikut gue kasih kumpulan berbagai trailer filmnya ya:

KESIMPULAN

  1. Kalo yu mau nonton sama anak kecil atau bocah yang masih SD atau TK, pilihan yang paling bijak itu ya nonton Moana. Karna lebih aman dikonsumsi oleh mereka plus mereka juga bisa apalin lagunya.
  2. Kalo anak yu udah SMP or 13+, bolehlah nonton SING, karna I believe mereka juga udah apal sama lagu mpok TayTay, jadi gak bakalan bosen. Plus mereka juga udah bisa nyerap mana perilaku yang bisa ditiru dan mana perilaku yang bisa ditinggalin.
  3. Kalo punya bocah dan tetep pengen nonton SING, ya gakpapa juga sih. But saran gue, make sure bimbing dan kasih tau mereka mana yang bagus dan yang kurang bagus dari perilaku tokoh-tokohnya ya.

Sekian aja dulu review dan saran gue untuk film animasi keluarga di penghujung tahun 2016 ini. Kalau ada film atau hal menarik lainnya, I will post it here on my blog.

Enjoy the movie dan salam Cinema Cinema!

Advertisements

One thought on “Year-End Animated Movie: Moana vs SING

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s