Career Mirror

Salah satu hal yang sulit mengenai pekerjaan adalah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk meninggalkannya. Gimana lo bisa tau kalao inilah waktu yang tepat untuk pindah kantor atau pindah pekerjaan? Sebenernya ada kok tanda-tanda yang jelas, tapi ada dua hal penting yaitu: kalo lo udah merasa gak ada lagi yang dapat lo pelajari dan kalo lo merasa gak ada lagi kesenangan yang datang saat bekerja. Nah, bagian yang sulitnya itu adalah menyadari kapan kedua hal tersebut telah terjadi. Seringnya kita itu terlalu sering berada dalam situasi ngeliat hal besar dulu untuk mendapatkan hal yang terkecil, mundur sedikit trus mengevaluasi secara objektif apakah kita sudah berada pada pekerjaan yang tepat.

Gue sendiri sebenernya udah 3 kali ganti jenis pekerjaan. Pertama jadi business development di Divisi Kredit Konsumer BRI; pindah ke Divisi Marketing Communication BRI dan sekarang jadi Product Marketing di Sony Electronic. Ada satu benang merah dalam perpindahan pekerjaan gue, yakni tiap kali gue mau pindah, gue selalu nanya temen kuliah gue. Memang setiap kali gue cerita ke temen kuliah gue, gak selalu berjalan mulus alias ditentang dulu sampe gue merasa berdarah-darah buat pergi ke kantor karna pengen pindah. Tapi dibalik kata “jangan dulu” itu sebenernya temen gue tau kalo gue masih bisa push-to-the-limit di kantor yang sedang gue jalani atau setidaknya doi ngasih tau kalo sebenernya gue cuman kecapean atau lagi bosen di kantor.

Nah, temen gue itulah yang bisa disebut sebagai “career mirror” gue, alias seseorang yang bisa ngebantu lo ngeliat sisi lain dari diri lo yang gak bisa lo lihat sendiri. Carrier Mirror lo itu gak harus temen kok, bisa juga suami/istri, adek/kakak, tunangan, pacar bahkan psikiater langganan lo. Tapi yang pasti, orang itu bukanlag diri lo sendiri. Kalau lo belum punya career mirror, cari deh. Kalo udah ketemu, jangan ragu buat ikutin saran dari mereka.

Salam!

*cerita ini merupakan saduran dari artikel berjudul “How Do You Know When To Change Jobs?” Oleh Spencer Rascoff (Internet Executive – Zillow CEO). Http://lnkd.in/i2WE9S dengan sedikit gubahan pada kronologis pekerjaan yang pernah saya alami*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s