Komunikata!

Sepanjang perjalanan hidup saya di dunia yang amat fana ini, hampir sebagian besar hidup saya dihabiskan di wilayah yang dikenal dengan nama jakarta. Eits, tunggu, tampaknya agak kurang nyambung deh intronya sama apa yang mau saya omongin!

Yang saya mau omongin kali ini gak berat kok, cuma tentang omongan, bicara, komunikasi dan pastinya bahasa! Secara keilmuan, pastinya saya kurang layak banget buat secara gamblang ngomongin tentang kaidah bahasa, linguistik, mesin ketik, dan berjuta-juta kata lainnya yang diakhiri  bunyi -tik, secara titel yang saya dapet juga bukanlah sarjana bahasa melainkan titel sarjana ekonomi yang pastinya cuma bisa ngejelasin gimana caranya ngejual bahasa yang saya punya kepada orang laen hahahaha…

komunikata!!!

Speaking of jualan, saya rasa itu masuk akal lho buat dijadiin salah satu alesan kenapa saya mempelajari bahasa asing. Berdasarkan pengamatan saya terhadap beberapa tenaga penjual, mereka memang diharuskan mampu menguasai sedikitnya 2 bahasa, yakni bahasa ibu (saya tidak menyebutkan bahasa indonesia, karna takutnya ada pembaca yang tidak bisa bahasa indonesia merasa kecil hati) dan bahasa inggris yang merupakan bahasa dunia (kata siapa ini? anonim sekali!). Hal itu lumrah, mengingat saat ini yang belanja di toko anda ataupun toko saya bukan hanya peribumi, tapi juga perabumi, eh maksudnya luar negeri gitu! Kalo kita cuman bisa ngomong bahasa ibu aja, apa yang terjadi klo tiba-tiba ada bule yang dateng ke toko saya dan mau beli obat maag tapi ternyata karna terjadi miskomunikasi, yang saya kasih malah obor cap obama?! Mengutip perkataan teman saya, STUPID SILLY!!

Orang bijak sempat berkata kepada saya bahwa “if you want to rule the world, kamu harus bisa berkomunikasi yang baik dengan mereka” dengan begitu, secara gak langsung, saya sebagai seorang yang akan menaklukkan dunia di masa depan kudu wajib hukumnya bisa berbicara dengan berbagai macam bahasa di dunia! Memang sih agak terlalu Afgan (baca: sadis) dan muluk banget klo saya ngotot bisa lebih dari 10 bahasa asing, tapi terkadang klo emang kita punya mimpi gak ada salahnya untuk memajang mimpi indah itu setinggi-tingginya! Dan sekalian nyombong dikit ah, saat ini aja saya udah bisa 3 bahasa secara resmi dan 2 bahasa yang masih bodong, jadi yah tinggal tunggu waktu aja kapan keberuntungan bisa membawa saya menjadi penakluk dunia! Oh iya, tolong lebih ditekankan pada kata beruntung dan bahasa yah, saya akan jadi penakluk dunia karna dua hal itu, bukan karna kepintaran saya.Saya yakin bahwa Einstein pasti gak akan suka klo dibandingkan dengan seorang Khiko Rayesmara!

Tidak semua ingin rahasianya terbongkar. Berdasarkan kalimat itu, saya sebagai seorang yang cukup tidak terkenal pastinya ingin sekali berbicara dengan orang lain secara azas pemilu yakni LUBER  (Langsung Umum Bebas dan RAHASIA). Dengan menguasai bahasa asing dan juga bahasa daerah yang jarang diketahui orang lain, tentunya akan mempermudah saya memberikan berita yang tidak bisa dimengerti oleh orang lain yang pada akhirnya akan semakin meningkatkan  kerahasiaan dari info itu. Oleh karena itu, saya sebagai seorang agen rahasia, membutuhkan berbagai bahasa asing untuk bisa mengelabui orang lain demi mendapatkan berbagai info penting dalam hidup ini.

Sebagai penutup, mungkin ada sebagian dari kalian pembaca yang menanyakan “kok anda tidak memasukkan unsur percintaan sebagai salah satu alasan mengapa anda ingin mempelajari bahasa asing?” dan saya menjawab “maaf, urusan percintaan saya bukan untuk konsumsi publik” dan diikuti dengan gerakan seribu langkah. Memang benar, saya tidak menjadikan hal mencari pacar sebagai salah satu alasan saya untuk belajar bahasa, karena saya yakin bahwa Tuhan telah memberikan saya jodoh yang tepat meskipun saya tidak dapat berbicara. Cukup arif untuk seseorang yang bukan bernama arif. (^_^)v

Salam Khikomunitas~~~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s