Tips Jual Beli HaPe

“Lebaran sebentar lagi,, berpuasa dengan gembira,” Yup, itulah penggalan lagu yang sangat fenomenal di bulan Puasa! Setiap tahunnya, pasti lagu yang dinyanyikan dan juga diciptakan oleh Bimbo ini selalu diputar dimana-mana, baik dari kaki lima sampai mall yang cukup terkemuka di seluruh Indonesia! Tapi, sayangnya khikomunitas kali ini gak akan membahas mengenai lagu tersebut, tapi akan memberikan kembali tips bagi para pembaca yang pengen banget beli hape, baik HP baru ataupun second, supaya bisa gaya di hari lebaran hehehe..  😀
Okay, artikel ini merupakan gabungan antara riset kecil-kecilan yang gue lakukan tiap kali beli HP dengan salah satu artikel yang ada di dalam tabloid kesayangan gue, yakni Tabloid PULSA! So, marilah kita tilik satu persatu tips jual beli HP baru dan second dari khikomunitas. Enjoy!

salah satu toko HaPe
salah satu toko HaPe

Tips membeli HP baru:

  1. Yang pertama banget, PASTIKAN BUGDET anda! Sesuaikan dengan kondisi keuangan, klo emang cuma ada 1 juta, jangan dilebihin, malah klo bisa di kurangin dulu, karena biasanya budget akan bengkak ketika tergiur dengan model HP idaman! Be Realistic lah..
  2. Sebelum berangkat ke toko, sebaiknya anda sudah punya pilihan yang mantap terhadap satu jenis HP dan mendetail serta sudah sesuai dengan budget anda! Sebagai contoh, ketika saya mau beli HP baru, dari rumah saya sudah punya ketetapan hati buat beli HP dengan budget gak lebih dari 1 juta, dan sebelumnya saya sudah searching di Tabloid Pulsa tentang HP yang sesuai budget, dan terpilihlah HP SE W200. Jadi ketika saya sampai di Roxy atau ITC Cempaka Mas, saya langsung aja tanya harga SE W200 dan menolak semua tawaran dari mbak/mas penjaga toko klo disuruh milih merk lain! Ingat, kita harus bisa idealis tentang pilihan kita! Hal ini juga bisa menghindari kita dari pembengkakan budget lho! Dijamin uang anda kembali deh!!
  3. Pas udah sampe toko, jangan sekalipun tergiur dengan fitur-fitur canggih yang dikasih tau sama mas/mbak penjaga toko, karena gak semua fitur itu bakalan dipake kan? Apalagi buat para pemula, paling cuma butuh telpon dan sms aja kan?! Klo emang ga ada fitur baru yang dibutuhin, mending pake HP lama aja deh alias gak usah beli HP baru :-p Oh iya, belinya gak perlu di toko langganan juga gak papa, karena menurut riset Khiko, margin dari jualan HP baru ini kecil, jadi mendingan cari aja toko yang menjual dengan harga yang lebih murah, yah kasarnya lebih baik cape sedikit daripada sakit hati pas tau ditoko sebelah harganya lebih murah 50ribu!!
  4. Klo udah sreg nih baik sama harga dan juga tokonya, minta aja beli HP yang bener-bener ORIGINAL! Tapi klo duitnya gak pas dan udah demen sama modelnya, minta aja HP GARANSI DISTRIBUTOR, tapi jangan sekali-kali mau jika ditawarin HP BM ataupun Refurbish! Pengertian dari masing-masing istilah bisa dilihat di akhir artikel ini 🙂 .
  5. Pas HP sudah ada di depan mata, periksa dulu plastic luarnya buat memastikan HP tersebut emang baru dan belum pernah di “perawani” oleh orang laen! Selain plastic, perhatiin juga tuh kondisi dusnya, klo ada yang robek-robek, minta bawain yang baru aja, toh pembeli adalah raja bukan?!
  6. Abis plastiknya dibuka dan HP dikeluarkan, yang harus diperhatikan berikutnya adalah kelengkapan daleman si HP tersebut! Paket standarnya sih untuk HP baru tuh HP, Baterai Original, Charger, Buku Panduan dan KARTU GARANSI! Klo ada yang kurang dari itu, minta tuker lagi, taaapiii klo ada yang ngasih lebih, yah diambil aja lebihnya gak usah pake bilang ke mas/mbaknya hehhee…
  7. Terakhir nih tipsnya, klo mau beli HP baru sebaiknya jangan di waktu-waktu libur hari raya atau hari besar kaya deket-deket lebaran, natal, tahun baru, dan juga liburan anak sekolah karena dapat dipastikan harga HP akan meningkat setiap harinya bukan hanya tiap senin!! Jadi bulan yang baik buat beli HP menurut Khiko adalah bulan Maret-April, Agustus-September-Oktober (dengan asumsi pada bulan tersebut tidak termasuk kedalam bulan puasa yah! Klo pas bulan puasa, teori ini terpatahkan hehehe!!)

Tips Menjual HP anda:

  1. Sebelum dijual, segera siapkan segala kelengkapan utamanya yakni DUS, BUKU, dan CHARGER! Sementara untuk kelengkapan tambahan kaya CD Software, kabel data dll gak begitu ngaruh kok ke harga jual. Soalnya menurut toko, jarang banget orang yang nyari lengkap sampe CD dan Kabel data, selama ada DUS BUKU CHARGER, maka HP anda akan mendapatkan penawaran harga yang menarik dari Agung Sedayu Grup, ooops bukan deng tapi dari toko anda hehe!
  2. Sebelum niat jual ke toko, ada baiknya coba tawarin dulu HP anda ke keluarga dekat atau temen anda! Karena survey membuktikan bahwa dengan menjual HP ke kolega anda, anda akan mendapatkan harga jual yang lebih baik, jarang terjadi cekcok, dan menghindari kecurangan dari kedua belah pihak! Apalagi klo misalnya kondisi HP anda masih bagus, pasti harganya akan lebih tinggi lagi daripada anda jual ke toko! Coba deh!
  3. Klo anda gak punya kolega, yah berarti anda harus menjualnya ke toko sebelah! Nah biar gak ketipu atau ditawar lebih rendah, sebaiknya anda jual HP nya ke toko langganan dan juga sudah dipercaya sehingga nilainya juga gak akan jatuh-jatuh amat bila dibandingkan anda menjualnya ke toko yang baru anda datengin.
  4. Nah buat menaksir harga HP anda, ada caranya lho! Yakni liat dulu harga pasaran HP second anda sebelum menjual. Caranya, misalnya HP anda Nokia N70, nah anda pura-pura aja mau beli HP N70 yang second trus tanya harganya, nah ketawan kan harga pasarannya dan misalnya harganya 1,5juta! Terus setelah anda tahu harga pasarannya, maka rata-rata klo anda menjual HP anda, maka HP anda akan ditawar mulai dari Rp. 1juta-1,3 juta, dengan catatan semakin bagus kondisi HP dan  lengkap, maka harga akan semakin tinggi juga!
  5. Jangan hanya terpaku pada satu toko aja, lebih baik cape dikit dah tapi bisa dapet harga yang lumayan tinggi, dan tips lainnya coba aja jual ke abang-abang di pinggir jalan, biasanya sih toko pinggir jalan akan menawar dengan harga yang lebih tinggi ketimbang toko yang ada di Roxy! Percaya deh hehehe…
  6. Terakhir nih, klo mau jual HP, pemilihan waktunya berkebalikan dengan timing anda membeli HP baru! Sebaiknya HP dijual pada saat menjelang Lebaran, Natal, Akhir Tahun dan juga liburan anak sekolah, karena harganya akan lebih tinggi yang disebabkan oleh tingginya permintaan HP sekon di masa-masa tersebut!

Tips Membeli HP Second:

  1. Buat yang mau beli HP second, sebaiknya liat dulu harga pasaran dan juga spesifikasi HP yang anda minati dari tabloid yang terpercaya seperti Tabloid PULSA hehehe, hal ini bertujuan agar anda tidak tertipu dengan bujukan manis serta ketidak tahuan mbak/mas penjaga toko tentang spesifikasi dari HP yang anda inginkan!
  2. Sebisa mungkin cari HP second yang merupakan barang second dari HP lama yang bergaransi resmi dan juga masih lengkap dus buku chargernya! Memang sih harga jualnya jadi lebih mahal, tapi keamanan dan kenyamanan HP second anda akan lebih terjamin lho dibanding beli HP yang gak jelas asal-usulnya!!
  3. Kalau bisa lagi nih, cari HP second yang bener-bener second alias masih “perawan” (belum pernah di servis maksudnya!). Periksa HP second tersebut dari segala sisi, jangan sampai ada yang bocel-bocel a.k.a cacat. Lihat juga segel-segel yang ada di bagian belakang yang tertutup baterai, klo segelnya sudah agak rusak dan bukan stiker asli dari vendor, ada kemungkinan HP tersebut pernah di servis lho! Selain itu, perhatikan juga kondisi bautnya, biasanya HP yang pernah di servis, bautnya agak melebar dan warnanya agak memudar.
  4. Klo udah dapet HP yang sesuai, pastiin baterainya masih baterai asli karena baterai merupakan yang paling krusial dan langsung terkoneksi dengan HP secara intens! Udah pernah denger kan cerita tentang HP yang meledak karna baterainya udah bapuk! Jangan sampai hal itu terjadi pada anda! Baterai yang masih bagus biasanya bisa bertahan selama kurang lebih satu setengah sampai dua hari standby, klo kurang berarti baterainya bodong!
  5. Selain baterai, sebelum membeli dan membayar, anda WAJIB memastikan semua fitur utamanya (sinyal, kamera, radio, Bluetooth, layar utama dan charger) dapat bekerja dengan baik!
  6. Nah, klo semuanya udah OK, baru deh nego harga! Dan jangan lupa juga minta garansi dari tokonya, biasanya sih toko penjual akan ngasih garansi paling lama 1 minggu, tapi klo bisa minta aja sampe sebulan hehehe..

Istilah dalam pasar ponsel:

  1. Garansi Resmi: HP dengan garansi yang dikeluarkan oleh pihak pabrikan atau distributor resmi yang ditunjuk oleh pemegang merk (principal).
  2. Garansi Distributor: HP dengan garansi yang dikeluarkan oleh distributor tak resmi yang mendatangkan barang secara langsung, baik perorangan atau industry. HP garansi distributor ini berbeda dengan barang BM (Black Market).
  3. BM (Black Market): HP yang didatangkan secara illegal, simpelnya HP ini merupakan HP selundupan
  4. Refurbish: HP bekas yang diperbaharui lagi agar menjadi lebih menarik. Biasanya sih casing, baterai dan charger lama diganti dengan yang baru, jadi HP tampak lebih segar!
  5. JB (Jual Baru): HP bekas yang masih oke kemudian di bungkus ulang sehingga tampak menjadi HP baru dan di jual seharga HP baru!! Ini yang paling berbahaya karena saat ini udah banyak banget pihak-pihak yan menjual segel, kardus, kartu garansi sampai IMEI secara bebas! Jadi hati-hati yah!

Yap, demikianlah reportase dan juga pemaparan hasil riset dari khikomunitas untuk calon pembeli HP! Tips ini tidak hanya cocok digunakan saat mau lebaran, tapi juga bisa diaplikasikan pada waktu lainnya lho! Dan saya juga mengucapkan terima kasih juga kepada tabloid PULSA yang membantu saya dalam menyusun artikel ini hehehe…
Berikutnya, setelah lebaran saya juga akan membeberkan hasil riset saya tentang yang oke dan gak oke selama bulan puasa!! So, sabar aja dan selalu keep in touch dengan khikomunitas!!

Advertisements

3 thoughts on “Tips Jual Beli HaPe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s